oleh

Wujudkan Kesadaran Hukum Ditengah Masyarakat, Mahasiswa KKN Unisda Gelar Seminar Melek Hukum

Kabarterjitu.com | Lamongan – Untuk menyikapi kasus hukum yang terjadi di tengah – tengah masyarakat, perlu kesadaran hukum bagi masyarakat Desa. Dengan tu Mahasiswa KKN Unisda Kelompok 14 menggelar Seminar Melek Hukum dengan Tema “Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat Desa , yang digelar di balai Desa Tamanprijeg Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ,pada Senin (30/8/2021).

Kordes KKN Ahmad Fakthur Rohman menjelaskan, Kegiatan seminar melek hukum ini merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN Unisda Kelompok 14 yang digelar di Desa Tamanprijeg Kecamatan Laren dengan mengangkat tema “Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat Desa. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Camat Laren yang di wakilkan Wiji Selaku Plt. Sekcam Laren.  “Tujuan dilaksanakan seminar melek hukum ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai Hukum,” jelasnya.

Sementara itu Rerez selaku pelaksana kegiatan dan sekaligus sebagai moderator dalam seminar ini menjelaskan, bahwa kondisi hukum di Indonesia saat ini lebih sering menuai kritik dari pada pujian. “Oleh karena itu kita perlu memperbaiki pelaksanaan hukum di Negeri ini,” kata Rerez.

Lebih lanjut Rerez menjelaskan,nHukum merupakan aturan untuk mengatur masyarakat, karena itu hukum harus dapat mengikuti irama perkembangan masyarakat. Bahkan harus dapat mengarahkan dan mendorong berkembangnya masyarakat secara lebih tepat dan terkendali. ” Karena Apabila semakin lemah tingkat kesadaran masyarakat, maka semakin lemah pula kepatuhan hukumnya. Sebaliknya semakin kuat kesadaran hukumnya semakin kuat pula menciptakan kehidupan yang tentram dan aman,” terang Rerez. 

Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Tamanprijeg Khusnan, meminta kepada mahasiswa peserta KKN Unisda agar melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Tridharma perguruan tinggi. Dia juga berharap sebagai mahasiswa sebagai penerus bangsa dapat menegakan keadilan bagi rakyat Indonesia.

“Karena peran sebagai mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sangatlah penting untuk memperbaiki pelaksanaan hukum di Indonesia, serta memiliki pemikiran untuk menegakkan keadilan bagi rakyat Indonesia, baik dibidang pendidikan, penelitian maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempat itu Khusnan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mahasiswa Unisda khusunya peserta KKN di Desa Tamanprijeg. “Kami juga sampaikan  banyak terima kasih kepada peserta KKN mampu bekerjasama yang baik dengan pemerintahan desa,” ucapnya.

Sementara itu dalam seminar Melek Hukum dengan tema Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat Desa yang digelar oleh Mahasiswa KKN Unisda tersebut menghadirkan narasumber dari berbagai pihak. Seperti Polsek Laren yang diwakili Kanit Polsek Lutfi dan Muspika Kecamatan Laren. Mereka menilai kegiatan seminar seperti ini sangat baik di terapkan di tengah-tengah masyarakat desa, ini merupakan bentuk wujud kepedulian bagi mahasiswa untuk membantu penegak hukum.(Rkt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed