oleh

Tanggul Jebol, Puluhan Rumah dan Ratusan Hektar Pertanian di Modo Terendam Air

Kabarterjitu.com | Lamongan – Intensitas hujan yang tinggi membuat ratuan hektar lahan pertanian dan puluhan rumah warga di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan tergenang, Rabu (10/11/2021) sore. Hal tersebut ditengarai karena tanggul sungai jebol akibat tak kuat menampung debit air.

Kepala Bidang Kedaruratab dan Logistik BPBD Lamongan Muhammad Muslimin membenarkan jebolnnya tanggul sungai yang jebol yang berada dua titik  di Kecamatan Modo.  “Akibat Curah Hujan yang tinggi dan melubernya kali Sungai Cawak Kepoh baru,  yang meluber ke area lahan pertanian milik warga dan mengakibatkan meluapnya Air disepanjang Kali Jalur pembuangan ke Waduk Bowo, yang membuat tanggul Desa Kedungrejo Kecamatan Modo Jebol sepanjang 4-5 Meter, Desa Sambungrejo Kecamatan  Modo jebol sepanjang 10-12 Meter,” jelasnya Muslimin, Rabu (10/11/2021) sore.

Akibatnya, lanjut Muslimin , lahan pertanian warga Desa Kedungrejo, Desa Sambungrejo, dan Desa Sidomulnya tergenang.”Tercatat Desa Kedungrejo area Lahan Pertanian milik Warga 65 Ha, Desa Sambungrejo Dusun Jatok 20 Rumah tergenang ± 10-15 Cm,  Area lahan pertanian milik Warga 85 Ha, dan Desa Siidomulyo area lahan pertanian milik Warga 140 Ha,” bebernya

Lahan pertanian yang terendam banjir ini, imbuh Muslimin, kebanyakan adalah lahan pertanian yang ditanami tembakau. Muslimin menyebut, kondisi tanggul belum ada perbaikan karena arus air masih tinggi dan lokasi juga masih hujan. “TRC BPBD Lamongan melakukan kaji cepat ke lokasi banjir dan sementara membawa material berupa terpal dan glangsing untuk perbaikan tanggul,”pungaksnya.(Rkt)

Keterangan Gambar: Tim TRC  BPBD Lamongan menunjukan tanggul sungai jebol akibat tak kuat menampug debit air .(Ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed