oleh

Tanaman Porang Bakal Jadi Komoditas Ekspor Andalan Baru Indonesia

Kabarterjitu.com –
Pernah dengar soal tanaman porang? Sejenis umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras, shirataki, campuran produk kue, sampai kosmetik? Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Hal itu pesan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ketika berkunjung ke Pabrik pengolahan Porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun Jawa Timur dengan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa, usai meninjau pelaksanan vaksinasi door to door, Kamis (19/8/2021)

Dalam keterangan pers , porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang. “Tadi saya sudah tanya ke petani porang. Bila 1 hektar menghasilkan berapa? Jawabannya 15 sampai 20 ton. Potensi yang luar biasa,” ujarnya.

Dijelaskan Jokowi, per musim tanam bisa menghasilkan 40 juta ton. Satu kali musim tanam ada sampai 8 bulan lamanya. “Tentu ini merupakan kesempatan yang harus diambil. Mengingat kesempatan pasar masih besar dan terbuka lebar,” katanya seperti dikutip di akun YouTube sekretariat presiden.

Jokowi menambahkan, porang bisa jadi makanan masa depan. Karena Porang dinilai rendah kalori, rendah karbohidrat dan rendah gula. “Bisa menggantikan beras sebagai bahan makanan utama. Karena kadar gula yang rendah tidak seperti beras,” jelasnya. Dia mengaku telah menyampaikan ke Menteri Pertanian, untuk bidang porang agar serius digarap. Pasalnya merupakan komuditas baru dan ada pasarnya.

“Jangan sampai ekspor Porang dalam bentuk mentahan. Saat ini diolah di pabrik ini sudah setengah mateng alias tepung,” tegasnya. Tahun depan, kata dia, tentu tidak hanya mengekspor tepung porang atau setengah jadi. Harus sudah bisa membuat beras porang**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed