oleh

RSNU Babat Diresmikan, Ini Harapan Gubernur Khofifah

Kabarterjitu.com | Lamongan – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meresmikan Rumas Sakit Nahdlatul Ulama yang terletak di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Selasa (19/10) siang. Pembangunan RS yang menelan anggaran Rp 7.4 Milyar itu juga telah tersedia layanan kesehatan antara lain Poli Umum, Poli Anak, Gigi, Kandungan, Penyakit Dalam (menular), dan Poli Bedah. Menurut Bu Khofifah, peningkatan kualitas SDM sangatlah penting. Hal tersebut dipengaruhi oleh tiga hal yakni pendidikan, kesehatan, dan income. Berdirinya rumah sakit ini turut mengambil bagian dalam peningkatan SDM di Kabupaten Lamongan.

Ia juga berharap adanya RSNU ini akan mampu memberikan penguatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Selain itu, beliau juga menginginkan setidaknya RSNU yang baru melakukan grand opening ini dapat menjadi rumah sakit dengan status minimal tipe C .”Mudah-mudahan RSNU di Babat ini akan bisa memberikan pengembangan, penguatan derajat kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dan saya tunggu pengembangannya supaya sudah tipe C minimal,” ujar Gubernur Khofifah.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan PM Kabupaten Lamongan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. IPM Lamongan mengalami kenaikan dari 72,57 di tahun 2019 menjadi 72,58 pada tahun 2020. Kenaikan ini didukung pula dengan kenaikan indeks pendidikan dari 0,637 di tahun 2019 menjadi 0,638 di tahun 2020, juga indeks kesehatan dari 0,804 menjadi 0,806.

“Alhamdulillah, IPM Kabupaten Lamongan senantiasa mengalami kenaikan dari 72,57 tahun 2019 menjadi 72,58. Ini menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lamongan yang dihitung dari indeks pendidikan, kesehatan, maupun kemampuan daya beli di Kabupaten Lamongan ini terus mengalami peningkatkan,” terang Pak Yes.

Hal tersebut juga menurut Pak Yes tidak terlepas dari kontribusi seluruh pihak, termasuk salah satunya kehadiran RSNU Babat ini. Menurutnya, pemerintah tidak bisa sendirian dalam menjalankan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, perlu adanya kerjasama dengan seluruh pihak agar pelayanan kesehatan ini dapat semakin baik kedepannya. “IPM ini tentu atas kontribusi dari seluruh pihak, termasuk kehadiran daripada RSNU Babat ini yang tentu nantinya bersama Pemerintah Kabupaten Lamongan, bersama kita semua untuk ikut serta memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Lamongan,” imbuh Pak Yes.

Pak Yes menambahkan, RSNU ini memang sangat diperlukan kehadirannya. “Kami pemerintah daerah sejak awal memang mendorong supaya rumah sakit ini segera beroperasional, karena kita memang secara bersama-sama memerlukan kehadiran rumah sakit ini,” pungkasnya.(Rkt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed