oleh

Pemerintah Siapkan Mekanisme Vaksin Booster Covid-19 Berbayar untuk 93,7 Juta Jiwa

Kabarterjitu.com | Jakarta – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait dengan pemberian vaksin booster atau dosis ketiga COVID-19 baik secara berbayar maupun gratis kepada masyarakat. Menurutnya, kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan munculnya varian atau mutasi baru virus corona yang dapat menyebabkan gelombang ketiga dalam pandemi COVID-19.

“Bapak Presiden memberikan arahan bahwa ini akan dikalkulasikan secara lebih detail. Tentunya ini diperlukan untuk menahan terhadap apabila ada gelombang ketiga dan ini akan diperhitungkan sesuai dengan masyarakat yang divaksin apakah itu 50 atau 60 persen ini akan terus didorong. Sedangkan sisanya nanti akan didorong melalui vaksin berbayar,” ungkap Airlangga.

Ia menjelaskan untuk harga vaksin dan lainnya akan dimatangkan kembali. Vaksin berbayar ini, katanya, akan menyasar sebanyak 93,7 juta jiwa. Kemudian, setidaknya 87,4 juta jiwa yang terdaftar dalam penerima bantuan iuaran (PBI) di BPJS Kesehatan ditargetkan akan mendapatkan vaksin gratis dengan total kebutuhan 97,1 juta dosis.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait vaksin booster COVID-19 berbayar dan gratis bagi masyarakat umum (VOA)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah menyiapkan regulasi terkait vaksin booster COVID-19 berbayar dan gratis bagi masyarakat umum (VOA)

Lanjutnya, vaksin booster ini juga dipersiapkan bagi kalangan anak yang berusia 12 tahun yang mencapai 4,4 juta anak, dengan estimasi kebutuhan vaksin sebanyak 9,9 juta dosis. Di sisi lain, vaksin berbasis iuran yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) adalah sebanyak 27,2 juta atau dengan perkiraan 30,2 juta dosis vaksin. Ia pun mengatakan total ada sekitar 137,2 juta orang khusus untuk program vaksin.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed