oleh

Mahasiswa Unesa Sosialisasi PHP2D di Desa Tawangrejo, Lamongan, Kembangkan Industri Olahan Lele

Kabarterjitu.com | Lamongan – Tim dari Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) melaksanakan sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa ( PHP2D) di Desa Tewangrejo Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan Jawa Timur, pada Sabtu (4/09). Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini merupakan program yang sangat bermanfaat untuk memajukan Desa dan sebagai wujud Implementasi Kompetensi Mahasiswa di Masyarakat

Ketua Tim PHP2D DPM FBS Unesa 2021 Cindy Veronica dalam sosialisasinya mengucapkan Puji syukur Alhamdulillah kami aturkan atas berkah serta karunianya kita bisa berkumpul di Balai Desa ini dalam keadaan sehat wal afiat. Mewakili teman – teman Tim PHP2 mengucapkan terima kasih kepada Desa Tawangrejo sudah menerima serta memfasilitasi kami dengan baik. Untuk itu semoga kedepannya kami dapat semaksimal mungkin untuk melanjutkan kegiatan Bina Desa ini.

Tentunya mohon bantuan warga, bapak, Ibu sekalian agar program ini berjalan sesuai rencana dan diharapkan juga agar partisipasi warga bisa tinggi agar kami juga mendapatkan semangat untuk melakukan Bina Desa ini sebagai perwakilan Tim PHP2D. Diawal kami melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas itu diharuskan untuk melanjutkan satu program pembinaan di Desa. Tapi juga sudah melalui seleksi, ditahap pertama ada seleksi administrasi, kedua seleksi substansi dan ketiga yaitu seleksi prestasi.

Jadi program Desa yang kami ajukan dan Alhmadulillah lolos adalah Industri Inovasi Olahan Lele. Disini kami memperkenalkan diri, kami ada 14 orang mahasiswa yang 3 orang sedang keluar kita diluar provinsi jadi yang hadir disini ada 12 orang termasuk Tim pelatihan dan Workshoop. Untuk pertama kami canangkan adalah program kerja. Pertama adalah pengolahan ambon Lele, stick duri Lele. Mungkin sebelumnya sudah pernah mendapatkan sosialisasi yang sama sudah pernah melaksanakan untuk olahan abon maupun olahan yang lain berbahan ikan Lele.

Tapi yang berbeda dari kami, nantinya kami akan bantu untuk memfasilitasi pemasarannya. Dari informasi yang kami ketahui dari bapak Kepala Desa disini pemasarannya yang masih kurang, jadi nanti kami akan membantu memfasilitasi untuk pemasarannya melalui online atau digital.
Selain itu, nanti juga kami akan melakukan kerjasama dengan Dinas – Dinas terkait  di Kabupaten Lamongan untuk membantu UMKM Desa Tawangrejo ini.

Selain itu juga, kebanyakan dari UMKM nya itu hanya memproduksi saja akan tetapi untuk nilai jualnya itu masih kurang tinggi.
Nah, untuk nilai jualnya kurang tinggi tentunya akan diadakan pelatihan bagaimana cara memilih kemasan yang baik membuat logo yang baik membuat nama yang itu mudah dikenal oleh masyarakat, tentunya ada Workshoop Website.

Jadi, nanti selain akan ada untuk pemasaran digital itu akan ada media sosialnya untuk khusus Desa Tawangrejo. Mulai dari nanti Instagram (IG) yang sudah kami buatkan dan akan berjalan lalu ada Website Desa.
Nah, disini kami mohon bantuan untuk memberdayakan teman teman Karang Taruna dan FBS Unesa. Yang terakhir ada pemasaran produk yang nanti akan kami bantu atau kami fasilitasi.

Selanjutnya yaitu untuk hasil rencana hasil kerja kami untuk olahan Lele, tentunya nanti akan ada berupa modul. Untuk olahan Lele nantinya akan ada buku pengolahan lele berupa modul, nantinya akan di daftarkan di hak paten / hak Ciptakan. Jadi nanti itu milik dari kami, yakni milik PHP2D. Jadi itu nanti milik dari kami yaitu PH2D. Jadi nanti bukunya bisa untuk diperjual belikan dan juga untuk Videonya kami akan di aploud di Youtube Desa Tawangrejo.

Untuk Workshoopnya nanti masyarakat akan mendapatkan tentang kemasan produk yang baik yang kekinian dan ada juga media sosial website serta pembuatan nama, logo dan produk. Untuk di pemasaran nanti kami akan selain untuk pemasaran di toko atau secara offline juga secara pemasaran online melalui toko pedia atau shoopy, untuk saat ini seperti itu. Terus ada publikasi media masa, jadi nanti Desa Tawangrejo kemungkinan akan masuk di koran – koran atau di majalah.

Kemudian diharapkan juga pendapatan masyarakat akan bertambah. Jadi susunan kegiatan kedepannya sesuai jadwalnya sosialisasi di tanggal 04 September 2021. Kemudian nanti akan ada pelatihan pengolahan ini nanti ada satu hari saja  dicantumkan 7-13 ini estimasinya saja.
Jadi untuk abon lele, krupuk kulit lele dan stick duri lele masing masing hanya satu hari saja. Lalu ada pemilihan kemasan produk ini nanti akan didampingi oleh teman teman dari Tim PHP2D untuk workshoopnya.

Selain itu untuk website dari masyarakat jadi masyarakat tidak perlu khawatir dari kami sudah menyiapkan dan desinnya kami akan berdiskusi kembali dengan masyarakat maunya bentuknya seperti apa, produksinya seperti apa. “Atau mungkin nanti bisa bekerjasama dengan kantor Kepala Desa untuk lebih memaksimalkan fungsi website.

Kemudian untuk pembuatan logo dan nama produk website ini nantinya akan  dilakukan setelah pengolahannya, jadi setelah kita praktek untuk abon lele, krupuk kulit lele itu nanti kami baru memfasiliitasi untuk memfasilitasi logo, nama dan kemasan.
Nanti itu ada lagi website itu tanggal 1 November 2021 juga ada pengadaan MoU atau istilahnya kerjasama sama Dinas – Dinas terkait. Lalu ada pemasaran produk. Nah, untuk kami disini dari bulan september ini sampai bulan Desember.

“Sesuatu yang dikerjakan seringkali terlihat mustahil, namun kita baru akan yakin setelah kita berhasil melakukan itu semua”, tutur Cindy Veronica dengan pantun inspirasinya. Sementara, Masbukhin, S.H., Kepala Desa Tawangrejo dalam hal ini mengungkapkan, ” Dengan kehadiran mahasiswa di Desa Tawangrejo ini bisa membawah manfaat dan bisa meningkatkan potensi yang ada di Desa ini terutama dibidang perikanan Lele. Karena Desa kami untuk bisa dijadikan program pembelajaran PHP2D Unesa tahun 2021 ini. 

Memang di Desa kami Tawangrejo adalah sentra dari perikanan/budidaya Lele. Tetapi banyak kekurangan kekurangan terutama peningkatan pemasaran. Sehingga dengan datangnya adik adik mahasiswa ini  bisa memberikan harapan baru bagi petani Lele dengan berinovasi bagaimana caranya bisa tumbuh dalam segi ekonomi dalam bentuk olahan mentah ataupun dalam bentuk olahan. Karena kita tahu lele tidak hanya bisa dikonsumsi untuk pecel lele, tapi dari lele ini bisa dijadikan jenis olahan. Tetapi kami di Desa ini belum bisa mengembangkan secara luas, secara online.

Sehingga harapan kami kepada adik-adik Mahasiswa dari Unesa bisa membantu kami mempromosikan lele ini seluas luasnya.
Atas kehadiran adik adik mahasiswa kami mohon maaf sebelumnya baik penyambutan pelayanan selama disini bila kurang berkenan kami mohon maaf.
Semoga dan kita bedo’a sama sama agar dalam perjalanan program ini bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat maupun untuk adik adik mahasiswa,” harap Kepala Desa Tawangrejo Masbukhin yang didampingi Ketua BPD Desa Tawangrejo Drs.H. Sukandar.

Dr. Trisakti, M.Si Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unesa menyampaikan, “Mahasiswa yang kami banggakan Tim PHP2D Unesa selamat dan saya sangat bangga dari prestasi saudara kepemimpinan nasional dari perguruan tinggi se Indonesia.
Saudara bisa melaksanakan tentunya ini adalah prestasi yang luar biasa, terima kasih juga kami sampaikan kepada dosen pendamping Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Dosen Pembimbing Dr. Susanti, S.Pd., M.Si., juga sebagai Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Unesa. “Puji syukur kami sampaikan pada pembukaan solialisasi PHP2D. Program ini tentunya tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari Kepala Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan yang telah berkenan untuk menerima mahasiswa kami yang melaksanakan kegiatan PHP2D.

Program PHP2D ini adalah program pemerintah program Kementrian yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk bisa membangkitkan, menumbuhkan dan mengembangkan karya ilmiah, dan ini juga memang tuntutan dari pembelajaran Abad ke- 21. Kemudian ini adalah program pemerintah yang harus diterapkan di perguruan tinggi dengan Merdeka belajar di Kampus Merdeka.

Program ini salah satu bentuk pelaksanaan kegiatan masyarakat pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kami kepada masyarakat. Kami dengan pengabdian masyarakatnini juga memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat. Kami berharap, mahasiswa nantinya bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan di Desa dan tujuan program ini untuk memajukan Desa sekaligus mahasiswa pastikan kopetensinya di masyarakat.

Tentunya, melalui program ini mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Jaga nama baik Unesa, jaga diri, jaga sikap, jaga hati dan juga jaga kesehatan.
Dan tetap patuhi protokol kesehatan untuk diberbagai kegiatan yang dilakukan di masyarakat itu sangat penting. Karena kondisi saat ini juga harus tetap prokes itu kita lakukan bersama – sama.Kepada Kepala Desa, kami mohon titip mahasiswa kami mohon bisa dibimbing agar dapat melaksanakan program ini dengan baik.

Tentunya mahasiswa ini akan belajar di masyarakat kemudian tentu saja mereka akan belajar dari masyarakat. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi adik adik mahasiswa. Semoga kegiatan ini selalu bisa kita laksanakan selanjutnya, kerjasama antara Unesa ini dengan Desa Kabupaten Lamongan ini. Terima kasih pada masyarakat dan pendamping tentunya juga mahasiswa dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Dr. Trisakti, M.Si Dekan FBS Unesa yang disampaikan secara Online dengan aplikasi Zoom.

Bersama dosen pendamping Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.
Dosen Pembimbing Dr. Susanti, S.Pd., M.Si., juga sebagai Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Unesa.Kemudian pengabdian khususnya pada program pengabdian masyakajat PHP2D ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridha dari Allah S.W.T.()

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *