oleh

Desa Kedungkumpul Kampanyekan Gerakan Masyarakat Makan Ikan

Kabarterjitu.com | Lamongan – Program yang digagas oleh Kementerian KKP bertujuan untuk bersama-sama membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan, dengan harapan meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

Dyah Wahyu Ermawati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur saat memberikan sambutan pada acara kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Balai Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan.

“Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin,” terangnya. Kamis (9/9/2021)

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, M.S. Heruwidi, Kepala Bidang Pengeloahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, Arif Soedjanarta serta Forkopimcam Sukorame serta ratusan undangan warga Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sukorame.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, M.S. Heruwidi mengatakan tujuan kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan ini, salah satunya adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan.

Kegiatan ini ditandai dengan pemberian 200 paket bantuan makanan dari ikan olahan berbagai jenis dan ikan segar ini kepada masyarakat Desa Kedungkumpul yang berasal dari 4 dusun yakni; Paluombo, Samben, Jedung dan Lampeyan.

Terangnya, kegiatan ini merupakan kegiatan reguler perluasan Gemarikan. Kebetulan saat ini Kabupaten Lamongan dalam PPKM merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang berlevel 1, sehingga dapat melanjutkan program Kementrian KKP yang sempat tertunda saat pandemi.

“Program ini sebetulnya harus dilaksanakan ke semua wilayah kabupaten atau kota di Jawa Timur namun berhubung ada pembatasan untuk kegiatan masyarakat maka harus ditunda. Mengingat Kabupaten Lamongan saat ini sudah masuk level 1, maka kegiatan kampanye Gemarikan dilanjutkan dan dengan berbagai pertimbangan Desa Kedungkumpul yang dipilih oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, tutur Angely Emitasari, Kepala Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan serta semua pihak yang telah memperhatikan masyarakat Desa Kedungkumpul.

Pada masa pandemi ini, satu hal yang menurutnya sangat dibutuhkan adalah Imun di dalam tubuh kita kuat. Upaya untuk meningkatkan imun tubuh bagi masyarakat dimasa pandemi virus corona seperti sekarang ini, masyarakat harus kuat daya tahan tubuhnya. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik dari segi memilih jenis ikan dan mengolahnya dapat mendatangkan manfaat secara maksimal dalam mencegah beberapa penyakit.

“Dengan adanya kegiatan ini mudah- mudahan budaya kebiasaan kita untuk mengkonsumsi ikan terus bertambah. Keaneka ragaman makanan yang kita konsumsi itu menentukan derajad kesehatan kita,” kata Angel.

Angel juga berpesan kepada warganya bahwa bantuan ini bersifat stimulant (rangsangan) bagi penerimanya yang kebanyakan ibu ibu. Menurutnya harga ikan tidak mahal dibanding daging ayam dan sapi. Tapi manfaat ikan itu bisa membendung agar kita tidak terkena covid 19, itu adalah daya tahan tubuh dan salah satunya didapat dengan makan ikan.

Selain itu, dia juga berharap dari gerakan ini nantinya untuk pemulihan ekonomi, karena dengan gerakan ini bisa dibangkitkan lagi produk UKM terutama pengolahan ikan di daerah yang bisa bekerjasama dengan Provinsi. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed