oleh

Bupati Yes Kunjungi Pasien Rujukan Home Care Service

Kabarterjitu.com | Lamongan – Tak hanya memantau program Home Care Service (HCS), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang juga didampingi Ibu Tim Penggerak PKK Anis Yuhronur Efendi mengunjungi langsung pasien rujukan program unggulan percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Lamongan tersebut, Jumat (1/10) di RSUD dr. Soegiri Lamongan.

Pasien tersebut bernama Sunari (56) warga Desa Kedungrejo Kecamatan Sukorame yang dirujuk dari puskesmas setempat ke RSUD dr. Soegiri . Dia derdiagnosis mengalami Hernia Umbilikalis yakni kondisi dimana bagian usus menonjol keluar dari pusar. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Yanny Khairurahmawati di kesempatan yang sama.

“Jadi pasien ini mengalami Hernia Umbilicalis oleh karena itu telah dilakukan tindakan medis lapatumy yakni operasi besar perut untuk memperbaiki dan mengembalikan organ ketempat yang seharusnya,” ungkap dr. Yanny Khairurahmawati.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menjelaskan Home Care Service merupakan program unggulan penanganan kemiskinan ekstrem di Lamongan untuk mendukung target nol persen kemiskinan ekstrem di tahun 2021 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Diharapkan melalui program Home care service ini mampu mengurangi beban pengeluaran keluarga rawan atau rentan baik kesehatan, maupun sosial ekonomi.

“Karena di puskesmas tindakan medis tidak bisa dilakukan jadi Bapak Sunari dirujuk ke faskes yang lebih tinggi yakni RSUD dr. Soegiri yang sarana dan prasarana lebih lengkap dan memadai. Alhamdulillah telah terdiagnosis dan telah dilakukan tindakan medis. Tanpa mengeluarkan biaya mulai dari kunjungan yang akan diantar jemput oleh pihak puskesmas maupun tindakan medis dari RSUD. Dr Soegiri itu gratis,” jelas Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes ini.

Lebih lanjutPak Yes menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui lintas OPD mengembangkan Home Care Service yang awalnya hanya mengcover permasalahan kesehatan masyarakat menjadi mengintervensi di bidang sosial dan ekonomi. ” Mengintervensi lintas perangkat daerah sesuai dengan kondisi yang dialami warga mulai dari pelayanan kesehatan di rumah, pemenuhan asupan gizi, sanitasi, air bersih, kelayakan rumah tinggal dan akses bantuan sosial. ini merupakan program gropyokan lintas perangkat daerah yang berkesinambungan dan komprehensif,” pungkasnya.(Rkt)

Keterangan Gambar Bupati: Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Ibu Tim Pengggerak PKK Anis Yuhronur Efendi saat mengunjungi pasien rujukan program unggulan percepatan penangan kemeskinan di RSUD dr Soegiri.(Ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed