oleh

5 Manfaat Propolis untuk Kesehatan Sangat Ampuh

Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Apa itu Propolis?

Propolis atau lem lebah adalah bahan yang penting untuk sarang lebah madu. Kata Propolis berasal dari bahasa Yunani, yakni “Pro” yang berarti pertahanan dan “Polis” yang berarti sarang lebah.

Propolis terdiri dari campuran kompleks getah tanaman, lilin lebah, dan enzim alami lebah madu. Propolis berperan penting dalam membantu menjaga agar sarang lebah tetap utuh dan menjaga agar sarang lebah bebas hama dengan mencegah jamur dan mikroba tumbuh.

Propolis terdiri dari resin sebanyak 50%, lilin sebanyak 30%, minyak esensial sebanyak 10%, serbuk sari sebanyak 5%, dan senyawa organik lain sebanyak 5%. Propolis juga mengandung senyawa organik penting seperti senyawa fenolik, ester, flavonoid, terpene, beta-steroid, aldehida aromatik, dan alkohol.

Selain itu, propolis juga mengandung vitamin yang penting seperti Vitamin B1, B2, B6, C, dan E serta mineral yang bermanfaat seperti Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Kalium (K), Natrium (Na), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Mangan (Mn), dan Besi (Fe).

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa propolis memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan, baik sebagai suplemen oral maupun sebagai obat topikal.

5 Manfaat Propolis untuk Kesehatan

1. Propolis bermanfaat untuk Gangguan Pencernaan

Infeksi parasit biasanya terjadi setelah kontak dengan permukaan yang terinfeksi. Gejala infeksi parasit pada saluran pencernaan antara lain sakit perut, diare, kembung, dan mual.

Propolis telah dilaporkan memiliki beberapa manfaat biologis termasuk aktivitas antikanker, antioksidan, dan anti-inflamasi. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan propolis secara klinis dapat pengobatan infeksi virus. Dalam satu penelitian, efek in vitro ekstrak etanol propolis pada pertumbuhan trofozoit Giardia duodenalis dievaluasi. Propolis terbukti dapat menghambat pertumbuhan trofozoit.

Kemanjuran propolis dalam menghambat pertumbuhan giardiasis juga telah dilaporkan dalam sebuah studi klinis dimana anak-anak dan orang dewasa dengan propolis yang diberikan giardiasis menunjukkan angka kesembuhan antara 52% dan 60%, sedangkan yang diberi obat konvensional menunjukkan angka kesembuhan 40%.

Studi eksperimental lain menunjukkan bahwa propolis memiliki antihistaminergik, antiinflamasi, anti asam, dan anti-H. pylori untuk mengobati tukak lambung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *